Tel.: (021) 57940919E-mail: info@jlaindonesia.co.id
+

INGIN MELAKUKAN TERAPI STEM CELL? PELAJARI TERLEBIH DAHULU & JANGAN SAMPAI SALAH LANGKAH DALAM PENGOBATANNYA

Pasti anda penasaran dengan yang namanya cell therapy atau stem cell, apa itu stem cell? Apakah bisa menyembuhkan penyakit? Bagaimana cara pengobatannya? Nah, dalam artikel ini Jakarta Life Sciences & Aesthetics akan menjelaskan mengenai informasi mengenai pengobatan stem cell yang harus anda ketahui, yaitu sebagai berikut :

APA ITU STEMCELL & SEBERAPA PENTING PERANANNYA?

Stem cell adalah sel biologis yang merupakan jejak utama DNA. Hebatnya sel yang satu ini, mereka dapat meremajakan diri dan menghasilkan lebih banyak sel yang berguna sebagai sumber pembentuk sel baru. Tak hanya itu, stem cell juga bertugas dalam memastikan setiap sel rusak diganti dengan sel yang baru. Stem cell bisa disebut juga sebagai “pabrik” dari sel-sel apapun dalam tubuh manusia. Karena fungsinya sebagai “pabrik sel”, fungsi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh dunia kedokteran untuk menyembuhkan beragam penyakit dengan melakukan terapi yang dapat menciptakan jaringan, organ, serta sel baru dalam tubuh. Terapi stem cell sendiri memungkinkan peserta sembuh dari penyakitnya.

Mengenai peranannya, Stem cell tentu memiliki peran penting dalam tubuh, karena mereka akan aktif ketika ada sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan fungsi. Ketika hal tersebut terjadi, stem cell bertugas untuk mengganti dengan sel-sel yang baru. Bisa dibilang jika stem cell adalah penjamin pasti pergantian sel-sel baru, jika ada sel-sel dalam tubuh yang rusak. Hal ini dapat dilihat dari sel-sel permukaan kulit yang memiliki rentang hidup yang pendek. Saat seseorang mengalami luka, sel-sel pada kulit tersebut akan mengalami kematian dengan lebih cepat. Nah, stem cell lah yang bertugas dalam membentuk lapisan-lapisan kulit baru yang nantinya akan menutup luka.

APA MANFAAT DARI TERAPI STEM CELL?

Manfaat sel punca Para peneliti dan dokter berharap studi tentang sel punca dapat membantu untuk:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang munculnya berbagai penyakit. Dengan menyaksikan sel punca menjadi sel-sel yang berada di tulang, otot jantung, saraf, dan organ serta jaringan lain, para dokter dapat lebih memahami bagaimana penyakit berkembang.
  1. Menghasilkan sel sehat untuk menggantikan sel sakit (obat regeneratif). Sel punca dapat menjadi sel spesifik yang digunakan untuk regenerasi dan memperbaikin jaringan yang rusak.
  2. Untuk transplantasi. Sel punca mungkin memiliki potensi untuk tumbuh menjadi jaringan baru untuk digunakan dalam transplantasi dan pengobatan regeneratif. Para peneliti terus memajukan pengetahuan tentang sel punca dan aplikasinya dalam transplantasi dan pengobatan regeneratif.

ADA BERAPAKAH JENIS TRANSPLANTASI STEM CELL?

1. Transplantasi Autologous

Jenis transplantasi ini dilakukan dengan memanfaatkan sel tubuh pasien itu sendiri. Stem cell yang sehat dikumpulkan dari darah sumsum tulang belakang pasien. Kemudian stem cell tersebut akan diberikan dalam bentuk injeksi atau suntikan ke dalam bagian tubuh yang sakit.

2. Transplantasi Sel Punca Allogenic

Transplantasi ini dilakukan dengan menggunakan stem cell  dari pendonor. Untuk melakukan transplantasi ini, donor stem cell haruslah cocok secara genetik dengan pasien. Tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kecocokan donor dan jaringan pasien dilakukan dengan tes darah yang disebut HLA typing. Pendonor biasanya merupakan kakak, adik, atau orang tua dari pasien. Namun, tidak menutup kemungkinan pendonor juga berasal dari orang yang tidak ada hubungan darah dengan pasien, selama hasil HLA typing-nya cocok dengan pasien.

3. Transplantasi Syngeneic

Hanya pasien yang memiliki saudara kembar identik yang dapat melakukan transplantasi ini. Pasalnya, kembar identik mempunyai tipe genetik yang juga serupa sehingga kembarannya dapat menjadi pendonor stem cell yang sempurna.

BAGAIMANA MEKANISME PENGOBATAN STEM CELL?

Terapi stem cell dilakukan dengan syarat seseorang harus memiliki tali pusat yang masih tersimpan sejak kelahirannya. Sel-sel dari tali pusat ini lah yang digunakan sebagai sumber sel induk. Jika tali pusat sudah tidak ada, jalan lain adalah menemukan donor tali pusat yang cocok. Penyimpanannya sendiri tidak dapat dilakukan secara sembarangan untuk menghindari kematian sel. Meskipun dikatakan efektif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, sejauh ini biaya masih menjadi kendala dalam melakukan terapi stem cell. Bagaimana tidak, setiap satu stem cell dibandrol harga yang fantastis, yaitu Rp. 1-1.5 per sel. Terlihat murah, memang. Namun, sel yang dibutuhkan dapat mencapai hingga ratusan juta sel.

WASPADA PRAKTIK STEM CELL ILLEGAL

Belakangan ini banyak sekali fasilitas kesehatan mulai dari klinik sampai dengan rumah sakit yang menawarkan pengobatan menggunakan terapi stem cell. Namun anda harus pelajari terlebih dahulu cara pengerjaannya dan selalu berhati-hati dalam memilih fasilitas kesehatan tersebut. Banyak fasilitas kesehatan yang illegal karena menyalahgunakan sistem pengobatan dan juga tidak mempunyai izin resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan modus penyuntikan stem cell tanpa izin edar BPOM dan juga Kementerian Kesehatan.

 SUMBER :

www.halodoc.com

www.sehatq.com

www.sains.kompas.com